..SELAMAT DATANG DI WARUNG BACA.. ..SELAMAT DATANG DI WARUNG BACA.. ..SELAMAT DATANG DI WARUNG BACA.. ..SELAMAT DATANG DI WARUNG BACA.. ..SELAMAT DATANG DI WARUNG BACA.. ..SELAMAT DATANG DI WARUNG BACA.. ..SELAMAT DATANG DI WARUNG BACA.. ..SELAMAT DATANG DI WARUNG BACA..

Friday 2 December 2011

Kerajaan Kutai

,
peta wilayah

kutai merupakan kerajaan tertua di indonesia. kerajaan tersebut terletak di tepi sumgai mahakam, kalimantan timur. penetuan sebagai kerajaan tertua berdasarkan umur peninggalan kerajaan tersebut.

sumber sejarah 
gambar prasasti yupa 
di tempat bekas berdirinya kerajaan kutai, di temukan 7 batu bersurat atau prasati berbentuk yupa. Yupa adalah tugu batu peringatan upacara kurban.Tugu itu biasanya di gunakan sebagai tiang tempat menambat hewan kurban.
jenis huruf yang tertera pada yupa adalah huruf pallawa. sedangkan bahasa yang di gunakan adalah bahasa sangsekerta. di ketahui , bahasa dan huruf tersebut berasal dari india. berarti, yupa kutai murupakan bukti tertulis pertama yang menunjukan pengaruh hindu di indonesia.
Karena yupa-yupa tersebut tidak berangka tahun, penetuan umurnya berdasarkan bentuk tulisan yang di pakai. berdasarkan bentuk tulisan, di perkirakan bahwa prasasti-prasasti itu berasal dari abad ke-5M
 Kerajaan Bercorak Hindu 
Adapun informasi yang dapat di ketahhui dari prasasti-prasasti kutai tersebut antara lain sebagai berikut:

  • Raja pertama memrintah kerajaan kutai adalah Kudungga. nama itu jelas buakan nama hindu. melainkan nama indonesia asli.
  • Raja Kudungga memiliki puterai bernama Aswawarman. Dalam salah satu prasasti , aswawarman di sebut juga  sebagai Vamsakarta, artunya pembentuk keluarga (dinasti) berdasarkan nama dan gelar yang disandangnya, kerajaan kutai yang bercorak hindu dimulai dari pemerintahan Aswawarman.
  • Raja Aswawarman mwmpunyai tiga orang putera, yang terkenal adalah Sang Mulawarman.
  • Raja Mulawarman di sebutkan sebagai seorang  raja besar yang sangat mulia dan baik budinya. Kebaikan raja tersebut di wujudkan dalam pemberian hadiah atau sedekah yang berlimpah. Untuk mmemperingati kemurahan raja itulah , para brahmana mendirikan yupa.
  • Besarnya hadiah mulawarman itu tercantum dalam yupa. di katakan, sang raja yang mulia dan terkemuka bersedekah 1000 ekor sapi. dari hal tersebut dapat diketahui kerajaan kutai pada masa mulawarman merupakan kerajaan yang kaya dan makmur

0 comments to “Kerajaan Kutai”

Post a Comment

 

warug baca Copyright © 2011 -- Template created by O Pregador -- Powered by Blogger