..SELAMAT DATANG DI WARUNG BACA.. ..SELAMAT DATANG DI WARUNG BACA.. ..SELAMAT DATANG DI WARUNG BACA.. ..SELAMAT DATANG DI WARUNG BACA.. ..SELAMAT DATANG DI WARUNG BACA.. ..SELAMAT DATANG DI WARUNG BACA.. ..SELAMAT DATANG DI WARUNG BACA.. ..SELAMAT DATANG DI WARUNG BACA..

Friday, 29 June 2012

Makanan pecel gendar/puli khas Indonesia (jawa)

,

Makanan pecel gendar/puli khas Indonesia (jawa)-Sekarang ini makanan tradisional semakain jarang di jumpai di sekitar kita. Semakain berkembangnya jaman semakin tergusur pula keberadaan makanan tradisinal kita. Salah satu makanan tradisional yang sulit di jumpai keberadaannya adalah pecel gendar atau juga sering di panggil dengan sebutan puli. Makanan ini sebenarnya tidak kalah nikmatnya dengan makanan moderen, akan tetapi karena kurangnya minat dari para kaum muda yang sering menganggap makanan ini makanan murahan dan kuno. Membuat keberadaannya pun sulit di jumpai. Namun bagi sebagian orang yang masih menghargai keberadaan dari makanan tradisional masih mau melakuakan dan melestarikan keberadaanya.. bukan hanya itu sebagian orang juga ada yang menggantungkan kehidupannya dari makanan yang satu ini yaitu pecel gendar atau puli. Akan tetapi rata-rata yang masih berjualan makan ini adalah orang-orang tua/ orang lanjut usia.

Di daerah solo dan jogja masih  ada juga sih yang minat dan jualan makanan ini. Bahkan tidak sedikit pula orang-orang yang menjadi pembeli dan memakan pecel gendar ini. Saya sebenarnya menulis artikael ini untuk memperkenakan makanan pecel gendar kepada teman-teman semua. Untuk orang jawa pasti sudah mengenal tapi tak ada salahnya saya menulis artikel ini kan pepatah bilang tak kenal maka tak sayang.hehe..
inilah pecel gendar/puli
pecel gendar/puli

Langsung saja pecel gendar adalah makanan yang terbuat antara gabungan antara pecel dan gendar/ puli. Puli sendiri adalah makanan yang terbuat dari nasi yang dikukus yang di campur dengan bahan obat pili ( obat bleng ). Sedang pecel sendiri di buata dari macam-macam sayuran yang di campur dengan sambal kacangan, bentuknya sih mirip ama gado- gado gitu.. karena pengetahuan saya yang terbatas yah cuama itu yang saya tulis dah. Ohh ya buat kawan- kawan semua yang ngaku anak indonesia gak ada salahnya kita ngicipin makanan tradisional dari nergeri kita sendiri, jangan udah keliling-keliling ke luar negeri tapi malah belum ngarasain dan berkunjung ke tempat-tempat yang ada di indonesia.hehehe... negeri kita gak kalah oke...
nihh.. buat sobat blogger gak ada salahnya sekeli-kali meneulis postingan tentang identitas kita sebagai orang indonesia donk..hehehe

3 comments to “Makanan pecel gendar/puli khas Indonesia (jawa)”

  • 29 June 2012 at 09:19
    Apink Rasich says:

    waah... saya inget dulu beli semacem itu yang namanya, "lotek".. (bener kan namanya??)

    delete
  • 29 June 2012 at 23:51

    waahhh...
    saya juga kurang tau tuh gan..tp kalau di daerah saya makanan kyak nei namanya pecel gendar..hehehe
    oh makasih dah mampir gan..

    delete
  • 5 July 2012 at 06:43
    Adang N M I says:

    Semangat mengindonesiakan indonesia...
    semangat Indonesia!!
    salam anak negeri

    Blogwalking & Mengundang juga blogger Indonesia hadir di
    Lounge Event Tempat Makan Favorit Blogger+ Indonesia

    Salam Spirit Blogger Indonesia

    delete

Post a Comment

 

warug baca Copyright © 2011 -- Template created by O Pregador -- Powered by Blogger