..SELAMAT DATANG DI WARUNG BACA.. ..SELAMAT DATANG DI WARUNG BACA.. ..SELAMAT DATANG DI WARUNG BACA.. ..SELAMAT DATANG DI WARUNG BACA.. ..SELAMAT DATANG DI WARUNG BACA.. ..SELAMAT DATANG DI WARUNG BACA.. ..SELAMAT DATANG DI WARUNG BACA.. ..SELAMAT DATANG DI WARUNG BACA..

Tuesday, 17 July 2012

Usaha lokal produk olahan memberi banyak ke untungkan

,

gambar: Usaha lokal produk olahan memberi banyak ke untungkan
Usaha lokal sekarang banyak bermunculan, apalagi usaha lokal yang membuat produk olahan masih saja mendominasi pasaran. Hal itu bukan barang yang sepele, karena di sini kita dapat tahu bahwa produk olahan memiliki prospek yang besar dalam mendongkrak ekonomi masyarakat. Menurut pengamatan warung baca, produk olahan memiliki masa depan yang bagus di bandingkan dengan melakukan penjualan barang mentah secara utuh tanpa mengolahnya terlebih dahulu. Kita lihat saja para petani meproduksi tanaman, di jual ke pengepul dengan harga murah, dan pada saat panen maka harga akan semakin merosot karena banyaknya barang di pasaran. Dan akhirnya petani mendapatkan untung yang sedikit dan bahkan bisa mengakami kerugian. Dan siklus tersebut terus berulang dan berulang. Akan tetapi akan lain ceritanya apa biala kita melakuakan pengolahan terlebih dahulu terhadap barang produksi tersebut. Kita dapat mendapat untung yang berlipat-lipat. Untuk memperjelas anda bisa membaca tentang tokoh isnpiratif berikut ini.
Beliau memiliki usaha sebagai produsen makanan olahan dari buah jambu getas merah. Namanya adalah ibu Rubiah. Ide kreatifnya ini bermula dari keprihatinannya terhadap perbedaan harga yang signifikan, telah mendorong petani asal kendal ini untuk merintis usaha rumaha sebagai produsen makanan olahan dari buah jambu getas merah. Sobat warung baca bisa tahu bahwa bahawa pada musim panen raya harga jembu getas merah mengalami kemrosotan harga yang sangat mencolok dipasaran harganya Cuma Rp 500- Rp 1.000 per kilonya. Beda bila diolah menjadi makanan olahan terlebih dahulu, harga perkemasannya bisa mencapai Rp 5.000-Rp 12.500. sobat warung baca bisa lihat berapa selisih keuntunganya bila diolah terlebih dahulu. Tahukah sobat warung baca bahwa melalui usaha home industry ini ibu Rubiah mampu menjual produknya hingga 50 kemasan atau Rp. 500.000 perharinya. Dan mendapatkan untung bersih sebesah Rp.5000.000 per bulanyan. Bagaimana sobat warung baca tertarik untuk memulai membuat Usaha lokal produk olahan agar memberi banyak ke untungkan. Hehe J
Berhubung pegel juga nulis terus saya rasa Cuma itu yang bisa warung baca bagikan pada agan” semua..hehehehe J  terimakasih telah mau membaca artikel warung baca..ohhh.!!! jangan lupa komenya yah di bawah...

3 comments to “Usaha lokal produk olahan memberi banyak ke untungkan”

  • 19 July 2012 at 12:51
    nahap.com says:

    saya kepengen banget bikin usaha lokal produk olahan, tapi masih sangat bingung mau bikin apa
    masih mencari inspirasi untuk berinovasi

    terimakasih infonya...

    delete
  • 19 July 2012 at 23:25

    Nahap>> sama-sama gan.. selamat berinovasi..hehehe

    delete
  • 15 August 2012 at 05:30

    semakin menjamurnya retail2 yang notabene milik orang luar terkadang memmbuat orang lokal jadi minder dikampungnya sendiri,kini saatnya untuk bangkit guna mengembangkan usaha lokal yang lebuh mandiri,aku setuju dengan apa yang sobat bahas diatas,..

    delete

Post a Comment

 

warug baca Copyright © 2011 -- Template created by O Pregador -- Powered by Blogger